Home » » Memahami Pengerian Data dan Informasi

Memahami Pengerian Data dan Informasi

Written By Unknown on Rabu, 17 September 2014 | 9/17/2014 07:28:00 PM



Memahami Pengerian Data dan Informasi 

Sering kita mendengar kata kata Data begitu juga Informasi. Terlebih kita yang  berkecimpung di dunia komputer tentu  sudah menjadi makan pokok di kampus. Di era serba Teknologi, semua orang selalu dihadapkan dengan Data dan Informasi. Walaupun data dan informasi tersebut terbungkus rapi dalam kehidupan kita sehari – hari ternyata tidak semua orang mengetahui pengertian yang sebenarnya dari kata Data dan Informasi tersebut. Agar kita tidak dibilang orang yang ngawur hidup di era modern ini, maka kita perlu untuk memahami pengertian kedua kata tersebut. 






Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep. Tentu dari data tersebut kita belum bisa menyimpulkan informasi yang bermanfaat bukan? Untuk bisa menghasilkan sebuah informasi yang bermanfaat data - data yang sudah ada tersebut kemudian dikumpulkan lalu diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan suatu informasi. Sekarang apa yang menjadi pengertian Informasi?



Informasi adalah segala macam keterangan yang dapat diambil oleh seseorang dengan sumber yang jelas sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi si penerima informasi tersebut. Artinya apa? Informasi adalah kumpulan data yang sudah melalui proses pengolahan sehingga dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi seseorang yang kemudian digunakan untuk pengambilan suatu keputusan atau tindakan.



Maka dari itu informasi dan data adalah istilah yang tidak dapat dipisahkan, karena informasi dan data adalah satu kesatuan.
Share this article :

0 komentar:

Translate

Follower

 
Support : google.com | yahoo.com | bustami.blogspot.com
Copyright © 2013. bangtomi - All Rights Reserved
Template Created by bustami Published by bangtomi
Proudly powered by Blogger