Home » , » Fasilitas internet

Fasilitas internet

Written By Unknown on Selasa, 20 Agustus 2013 | 8/20/2013 12:53:00 AM


Fasilitas internet

Saat ini aplikasi internet yang tersedia sudah tersedia dan terus bertambah,seiring dengan kemajuan teknologi informasi.Aplikasi – aplikasi internet ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang,seperti pendidikan,militer,kesehatan,media massa,periklanan dan sebagai sector industry.
Berikut ini beberapa fasillitas internet yang sering diguakan sebagian besar orang:
a.     World Wide Web
World Wide Web atau WWW merupakan aplikasi yang paling.... banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting.www merupakan fasilitas yang berisi database terdistribusi.anda dapat mengakses berbagai informasi melalui web,baik berupa teks,gambar,suara,film maupun animasi multimedia.
Dokumen web dibuat dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia,yaitu Hypertext Markup Language (HTML).HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) ke informasi atau dokumen (homepage) atau alamat lainnya.
b.     Electronic Mail (e-mail)
E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi untuk saran komunikasi surat – menyurat dalam bentuk elektroni.Mengirim e mail sama seperti anda mengirim surat biasa.anda dapat bercerita,mengirimkan pesan,mengirimkan file dokumen,gambar dan sebagainya.Email merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat.
c.      Mailing list
Mailing list atau sering juga disebut milis adalah aplikasi internet sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.Setiap e-mail yang dikirim ke alamat akan dikirimkan ke seluruh alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.
d.     Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum.biasanya anggota forum mempunyai kepentingan atau ketertarikanyang sama serta membahas topic – topic tertentu.Newsgroup dapat dianggap seperti sebuah bulletin board, dimana setiap orang bebas memaparkan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain yang tergabung dalam kelompok tersebut.
e.      Chatting
Fasilitas ini digunakan umtuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain melalui internet.chatting dilakukan dengan cara mengetik apa yang ingin kita katakana kepada teman chatting kita,kemudian mengirimnya dalam bentuk teks.saat ini sudah memungkinkan chatting dengan sarana untuk menampilkan gambar menggunakan webcam.Dengan fasilitas ini kita dapat bercakap – cakap sambil melihat gambar orang yang sedang chatting dengan kita.
f.      File Transfer Protokol (FTP)
File transfer protocol disingkat dengan FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim atau mengambil file ke/dari komputer lain.FTP sering kita gunakan untuk mencari dan mengambil (download) arsip (file) dari sebuah server di internet yang mempunyai alamat tertentu dan menyediakan berbagai file.File tersebut memang diizinkan untuk diambil oleh pengguna internet yang membutuhkannya.File tersebut bisa berupa hasil penelitian,artikel, jurnal, dan lain – lain.FTP juga dipergunakan untuk meng-upload file ke situs (homepage) sehingga bisa diakses oleh penguna dari seluruh pelosok dunia.
g.     telnet
Telnet merupakan komponen klien/server yang terdapat dalam paket TCP/IP yang berfungsi untuk melakukan login (masuk ke dalam sistem) jarak jauh.dalam hal ini klien yang melakukan telnet akan berfungsi sebagai terminal.Fasilitas ini digunakan untuk masuk ke sistem komputer tertentu dan bekerja pada sistem komputer lain.untuk dapat melakukan telnet, klien harus memiliki program klien telnet,misalnya cute.Pada windows terdapat program bernama telnet.
h.     Gopher
Intenet menyediakan banyak informasi yang dapat diakses pengguna lewat sistem menu.seorang penguna internet dihadapkan pada sebuah menu yang bercabang – cabang.Untuk menuju ke informasi atau data yang dituju,seorang pengguna harus menyeleksi pilihan – pilihan yang disediakan hingga masuk ke topik yang diinginkan.Fasilitas ini disebut Gopher.
Share this article :

0 komentar:

Translate

Follower

 
Support : google.com | yahoo.com | bustami.blogspot.com
Copyright © 2013. bangtomi - All Rights Reserved
Template Created by bustami Published by bangtomi
Proudly powered by Blogger